Langsung ke konten utama

Empat Alasan Dimulainya Sesuatu Itu Dengan Bismillah

Empat Alasan Dimulainya Sesuatu Itu Dengan Bismillah

Alasan Pertama

Yakni meneladani kitab Allah ta’ala, karena Allah mengawali kitabnya dengan Bismillahirrahmanirrahiim.

Kemudian alasan yang kedua adalah, meneladani para nabi dan rasul, karena para nabi alaihissalam kalau mereka menulis surat maka dimulai dengan Bismillahirrahmanirrahiim,  seperti surat nabi Sulaiman alaihissalam kepada Balqis, yang disebutkan dalam surat An-namal ayat 30, “Bismillahirrahmanirrahiim sesungguhnya surat itu dari Sulaiman dan sesungguhnya dia dimulai dengan Bismillahirrahmanirrahiim, dan apa isi suratnya, ialah : Janganlah kalian merasa tinggi dariku, dan hendaklah kalian datang kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri, yaitu sebagai seorang muslim.

Dan juga nabi Muhammad salallahualaihiwasallam tatkala menulis surat untuk dikirimkan kepada berbagai negeri, kepada berbagai kerajaan, maka surat beliau juga dimulai dengan Bismillahirrahmanirrahiim.

Kemudian alasan yang ketiga, yakni Tollabul maunnah, ketika dimulai sesuatu itu dengan Bismillah, maka terkandung didalamnya permintaan pertolongan kepada Allah, agar sesuatu yang dikerjakan itu diberi kemudahan oleh Allah, dan  kekuatan untuk mengerjakannya.

Alasan keempat, Toolabul Barokah, dimulainya sesuatu dengan Bismillah, adalah untuk meminta keberkahan, agar Allah berikan keberkahan dalam amal yang kita lakukan tersebut.

Sumber : Faedah singkat media dakwah kajian sunnah sitiung, lokasi : Masjid Nurussa’adah pasar blok B sitiung 1, kabupaten Dharmasraya.

Sumber Youtube.



Postingan populer dari blog ini